Tentang Kami

January 01, 2016
Last Updated


KOSAKATA 
memuat informasi mengenai literasi bagi kaum muda. Kosakata merupakan singkatan dari Komunitas Sarang Kata yang dibentuk dari obrolan kecil di warung kopi pada Mei 2016. Komunitas ini terdiri atas pegiat literasi, seperti jurnalis, pegiat media sosial, hingga pewarta karya cinta kasih. 

Kosakata memberikan pelatihan, pendampingan, dan pemberdayaan kepada kaum muda yang ingin mengasah kemampuan dalam dunia tulis menulis. Lembaga nirlaba ini sudah beberapa kali memberikan pelatihan bagi kalangan mahasiswa dan pelajar. Peserta latih diberikan tentang dunia kepenulisan. Selain berdiskusi di kelas (in class), peserta latih juga akan didampingi ketika menyelesaikan project tulisan. Hasil tulisan yang sudah di-assesment tersebut akan diterbitkan dalam sebuah buku dan web https://kosakata.org.

Hingga 2022, Kosakata sudah menerbitkan dua buku, yakni Kosakata Bercerita (2018), yang berisikan tulisan bergenre jurnalistik. Buku ini ditulis oleh beberapa aktivitas Kosakata dan peserta latih pada gelombang pertama. Pada 2022, Kosakata juga menerbitkan buku berjudul Dentang Lonceng Angelus. Buku itu memuat kumpulan cerita pendek yang ditulis aktivis Kosakata dan peserta latih pada gelombang kedua.

Blog ini milik komunitas, tidak berafiliasi dengan pihak manapun, bahkan tanpa sponsor. Bantuan pembaca sangat dibutuhkan agar dokumentasi berupa foto, video, dan narasinya, untuk membuat blog ini menjadi lebih berwarna. Bagi sesiapapun yang ingin berkontribusi untuk menulis di blog ini, kami sangat berterima kasih. Naskah, foto, atau video bisa dikirim lewat kontak email kami: kosakata317@gmail.com.

Bagi yang ingin berdonasi untuk mendukung gerakan literasi bagi kaum muda ini, silakan untuk mengklik tautan donasi pada web ini. Kami sangat berterima kasih atas dukungan banyak orang, yang telah membantu gerakan ini terus bertumbuh. 

Tabik

Admin


Selengkapnya