Lihatlah, Kota Pontianak Menari

Foto: KoSaKata
PONTIANAK, KOSAKATA – Apa yang populer dari Kota Pontianak, ibukota Provinsi Kalimantan Barat ini? Namanya yang unik, atau adat budaya setempat?


Baiklah, coba kita lihat atraksi massal yang pernah digelar pada 23 Oktober 2017 silam. Saat itu, ada sekitar 3,000-an orang mengenakan pakaian khas Melayumeliuk-liukkan tubuh melakukan tarian jepin Melayu di sepanjang jalan Rahadi Oesman.


Ruas jalan ini membelah wilayah antara Kantor Wali Kota dengan Alun-alun Kapuas. Sultan IX dari Istana Kadriah Kesultanan Pontianak, Syarif Mahmud Alkadrie--juga bernama Syarif Melvin--berada di tengah-tengah mereka.


"Alhamdulillah, baru kali ini ada tarian jepin massal seperti ini. Ke depan barangkali bisa ditambah kekayaan adat dan tradisi khas Pontianak lainnya agar lebih semarak," kata Syarif Melvin kepada wartawan.


Tarian massal di bawah terik matahari itu diiringi musik perkusi seperti gendang dan gambus, serta lagu-lagu dengan bahasa Melayu.Tahun 2017 itu, kota yang memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 600 ribu jiwa lebih, memperingati hari jadi kota yang ke-246 tahun.   


Foto: KoSaKata
Orang-orang mengenakan busana khas Melayu. Stelan "telok belanga", perpaduan baju koko dan kain batik bermotif "corak insang" untuk pria, dan baju kurung yang juga dipadu batik lokal itu untuk wanita.


Menurut catatan sejarah, Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada 23 Oktober 1771, ditandai dengan membuka hutan di persimpangan Sungai Landak dengan Sungai Kapuas. Di tempat itu didirikan Istana Kesultanan Kadriyah dan Masjid Jami, yang sampai sekarang masih berdiri dan menjadi objek wisata budaya. Wilayah itu berada di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.


Nama “Pontianak” dipercaya berasal dari kata “kuntilanak”, hantu seorang wanita dengan rambut panjang yang kusut dan berbusana putih. Sebab ada kisah yang dialami Syarif Abdurrahman yang diganggu hantu Kuntilanak saat membuka lahan kota itu. (Hnz)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.