Masih Minim, Perempuan Berani Maju Pilkada di Kalimantan Barat

PONTIANAK, KOSAKATA - Di Kalimantan Barat, Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar di tingkat provinsi dan di lima daerah yakni Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Sanggau, Kubu Raya, dan Kayong Utara. 


Pesta demokrasi ini akan digelar serentak pada 27 Juni 2018, bersama lebih seratus daerah lain di seluruh Indonesia.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat, Umi Rifdiawati, mengatakan, hanya ada dua figure perempuan yang telah ditetapkan sebagai kandidat kepala daerah. Keduanya diusung oleh partai politik, tidak ada yang maju dari jalur perseorangan.


Dua figure itu adalah Karolin Margret Natasa, 36, kandidat Gubernur Kalimantan Barat, dan Erlina, kandidat Bupati Mempawah.


Karolin merupakan satu-satunya dan perempuan pertama yang menjadi kandidat gubernur dalam sejarah provinsi itu. Putri pertama Gubernur Cornelis ini sedang menjabat Bupati Landak, kabupaten yang juga pernah dipimpin oleh ayahnya selama dua periode.


“Secara biologis perempuan berbeda dengan laki-laki, di antaranya soal kekuatan fisik. Tetapi saya yakin perempuan sanggup melakukan banyak hal,” kata Karolin.


Karolin yang berlatar belakang dokter memulai karir politiknya di pentas nasional sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dua periode. Ia dan pasangannya, Bupati Bengkayang dua periode, Suryadman Gidot, diusung koalisi tiga partai, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).


Di Kabupaten Mempawah, istri Bupati Pertahana Ria Norsan yakni Erlina, menjadi kandidat bupati yang diusung koalisi tujuh partai, yaitu Hanura, PBB, PKS, Golkar, Gerindra, Demokrat, dan Nasdem.


Erlina sebelumnya menjabat Kepala Seksi Perdata Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat. Suaminya, Ria Norsan, adalah Bupati Mempawah dua periode dan kini kandidat wakil gubernur, juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalimantan Barat. (Hnz)

Sumber foto: Fanspage FB @drkarolin

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.