Misteri Benda Menyerupai Ikan Raksasa di Perbatasan Indonesia-Malaysia


PONTIANAK, KOSAKATA – Sebuah objek asing terdeteksi berada di satu titik perbatasan Indonesia-Malaysia. Bentuknya unik, mirip seekor ikan dengan posisi tubuh terlipat, dan setitik benda menyerupai mata berada di bagian kepala.

Seorang warganet di Kalimantan Barat, Hendrik Gammolo, menuliskan rasa penasarannya akan objek itu di akun Facebook-nya pada Senin (11/6/18). Status itu disertai sejumlah capture dari penelusuran menggunakan google map, menampakkan sosok benda asing yang membuat penasaran.

“Memang ada objek aneh di perbatasan antara Kalimantan Barat dengan Malaysia. Tidak ada informasi yang tersedia tentang benda apakah ini. Menarik untuk diteliti, dijelajahi,” kata Hendrik yang melakukan penelusuran sendiri melalui google map.

Awalnya, Hendrik membaca postingan temannya di Facebook tentang objek itu, dan rasa penasaran mendorong dia melakukan penelusuran sendiri.

Anda bisa melakukan penelusuran sendiri untuk melihat benda aneh yang memantik rasa ingin tahu ini. Arahnya di bagian Barat Laut dari Kalimantan Barat, di ujung pulau yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Pada bagian ujung pulau itu, bagian tengahnya terbelah menjadi dua, wilayah Indonesia dan Malaysia.

Dari penelusuran melalui googe map, benda yang diduga batu besar itu berada di wilayah Indonesia, bagian dari Kabupaten Sambas. Benda aneh itu berada pada titik koordinat 2o03’38.9’’N 109o38’10.6E.

Jadi letaknya masih di wilayah Indonesia. Di bagian Malaysia, wilayah terdekat adalah Distrik Sematan di Sarawak.

Jika ditarik garis lurus dari titik itu menuju Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, terbentang jarak 233,97 kilometer. Jarak lebih pendek, tentu saja ke pusat Kabupaten Sambas sekitar 82,93 kilometer.

Benda misterius ini berada di kawasan hutan belantara, terlihat dari citra satelit yang menghijau karena tutupan hutan. Karena itu, tidak tersedia jalur transportasi umum yang bisa ditempuh untuk menuju ke sana.

Tracking untuk transportasi umum melalui google map memunculkan keterangan: Maaf, penelusuran Anda tampaknya berada di luar area jangkauan kami saat ini untuk transportasi umum.

Beberapa spekulasi bermunculan menanggapi postingan tentang “ikan misterius” di perbatasan Indonesia-Malaysia ini. Ada yang memperkirakan batu meteor yang jatuh. Ada pula yang menduga perkampungan zaman purba yang dikutuk menjadi batu.

Apapun spekulasi itu, baru akan terjawab bila ada pihak yang melakukan ekspedisi ke sana untuk menjawab misteri ini. (Hnz)

Foto: capture dilakukan oleh KoSaKata pada Senin, 11 Juni 2018 pk 11.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.