Pilkada Serentak 27 Juni 2018, Gunakan Hak Pilih Anda

Baliho kandidat Pilgub Kalbar, Foto: KoSaKata
PONTIANAK, KOSAKATA – Tak lama lagi, pesta demokrasi akan digelar di seantero Indonesia, termasuk Kalimantan Barat. Di Provinsi ini sendiri, ada enam pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak pada 27 Juni nanti.


Di level provinsi, digelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk periode 2018-2023. Kemudian di lima kabupaten/kota, pada hari yang sama juga digelar pilkada, yakni di Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Sanggau, Kubu Raya, dan Kayong Utara.


Jadi, ada enam pilkada pada hari yang sama, alias serentak di seluruh Kalimantan Barat. Di level nasional, seluruh daerah yang menggelar pilkada serentak terjadi di 171 daerah.


Pemerintah telah menetapkan 27 Juni sebagai hari libur nasional. Memberi kesempatan kepada seluruh warga Negara yang memiliki hak pilih, untuk menentukan pilihannya. Mencoblos tokoh yang dipercaya memimpin daerahnya untuk masa lima tahun mendatang.


Siapapun pasti memiliki sikap dalam menghadapi pilkada. Ada yang cuek bebek dan memilih tidak menyalurkan hak pilihnya. Sah-sah saja, tetapi sebaiknya berpikirlah sejenak ke depan. Jika tidak menentukan pilihan, bukankah itu peluang bagi oknum tertentu memanfaatkan surat suara yang tidak Anda pakai?


Maka, sebagai warga Negara yang baik pakailah hak pilih Anda. Terlepas siapapun yang menurut hati nurani anda, berhak menyandang suara anda.

Selamat menanti, dan selamat menentukan pilihan. Salam demokrasi. (*)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.