Karolin Ucapkan Selamat kepada Sutarmidji Melalui Youtube

PONTIANAK, KOSAKATA - Pilkada Gubernur Kalimantan Barat untuk periode 2018-2023 sudah usai dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat telah menetapkan pemenang melalui rapat pleno Minggu (8/7/18) di Qubu Resort, Kubu Raya. Pasangan kandidat Sutarmidji-Ria Norsan dinyatakan sebagai peraih suara tertinggi.

Karolin dan Sutarmidji. Foto: Media Cente KADO
Ada tiga kandidat yang bertarung dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di provinsi itu. Sesuai nomor urut, mereka adalah Milton Crosby-Boyman Harun, Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot, dan Sutarmidji-Ria Norsan.

Karolin merupakan putri pertama mantan gubernur dua periode, Cornelis. Saat ini, dia juga sedang menjabat Bupati Landak. Sutarmidji merupakan Wali Kota Pontianak dua periode.

Karolin–Gidot menyampaikan ucapan selamat kepada Sutarmidji-Ria Norsan melalui youtube. Secara terpisah, rekaman video keduanya diunggah di akun youtube SAHABAT KAROLIN Official.

Karolin menyebut kabupaten-kabupaten dengan perolehan yang melampaui rival mereka, rata-rata daerah pedalaman dan perbatasan Indonesia-Malaysia di provinsi itu. Dia mengajak masyarakat mengawal pemerintahan baru ini.

“Pilkada telah usai, dan biarkan yang sudah berlalu menjadi catatan sejarah. Sampai jumpa di medan pertempuran berikutnya,” ucap Karolin.

Video itu viral di sosial media dan sebagian warganet menilai positif. Ucapan kedua kandidat yang kalah itu sangat menyejukkan di tengah berbagai isu tentang potensi kerusuhan pasca pilkada.

Ketegangan memang sempat terjadi beberapa hari pasca pemilihan 27 Juni di beberapa daerah pedalaman. Kelompok massa yang tidak puas atas hasil penghitungan cepat, sempat bereaksi di Ngabang, ibu kota Kabupaten Landak.

Ketegangan tidak melebar, meski lebih 200 orang warga Desa Karangan, bagian lain dari kabupaten itu, sempat mengungsi dua hari ke markas tentara di kabupaten tetangga, Mempawah.

KPU Kalimantan Barat menyatakan pasangan nomor urut tiga Sutarmidji-Ria Norsan unggul dengan perolehan 1.334.512 suara. Disusul pasangan urut dua, Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot dengan perolehan 1.081.876 suara. Dan terakhir pasangan nomor urut satu Milton Crosby-Boyman Harun meraih 172.151 suara.

Ketua KPU Kalimantan Barat, Ramdan, mengatakan, partisipasi pemilih dengan jumlah 75 persen dari daftar pemilih tetap (DPT), meningkat sebanyak 1,45 persen dibanding pemilu sebelumnya.

Hanya saksi dari pasangan pemenang yang menandatangani berita acara. Saksi dari pasangan dengan perolehan terkecil tidak hadir. Sementara saksi pasangan Karolin-Gidot tidak ikut menandatangani karena sejumlah keberatan.

Lipi, menjadi juru bicara saksi Karol-Giot, mengatakan, sejumlah persoalan masih mereka kaji secara internal untuk melakukan langkah hukum. Di antaranya, di kantong suara rivalnya, ditemukan banyak suara rusak dibandingkan di kantong suara Karolin-Gidot.

Sementara Sutarmidji mengatakan, kemenangan ini untuk semua warga provinsi itu. Dia berjanji untuk tidak membedakan ras, suku, agama atau golongan, serta merawat dan menjaga keberagaman.

“Kami harus harus mengayomi semua, baik yang memilih kami maupun yang tidak," kata Sutarmidji. (Hnz)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.