Orang Muda Katolik Harus Menjadi Misionaris Online

Oleh: Leni

PONTIANAK, KOSAKATA - Sebanyak 100 Orang Muda Katolik Keuskupan Agung Pontianak mengikuti Workshop Generasi Positive Thinking (Genposting) di Wisma Immaculata pada 15-16 September 2018.

GENPOSTING - Generasi positive thinking. Foto: Leni
Kegiatan dengan tema Expresikan Sukacitamu Bermedsos Dengan Cerdas, Santun, dan Bijaksana dihelat atas kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Konferensi Waligereja Indonesia. Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak menjadi salah satu panitia lokal dalam kegiatan ini.

“Di sini ada orang-orang hebat yang mau bekerjasama dengan sebagai agen perubahan,” kata Sekretaris Komsos KWI, RD Kamilus Pantus.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Indonesia di Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengajak kaum muda Katolik membagi ilmu dan pesan-pesan yang positif.

“OMK bisa menjadi wartawan karena semua bisa disampaikan melalui satu jari kita. Kita bisa menulis pesan bahwa bersama seratus orang muda katolik Pontianak yang bergerak menyampaikan menggunakan medsos dengan baik dan cerdas, menggunakan bahasa yang santun dengan kata-kata yang bijaksana,” kata Tangkary.

Sementara itu, Brigjen Ibnu Suhendra dari Intel Densus 88, mengatakan, Orang Muda Katolik harus menjadi benteng pencegahan intoleransi, radikalisme dan terorisme di tanah air.

"Lewat pemikiran yang rasional dan akademis, serta wawasan kebangsaan yang kuat,” kata Suhendra.

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan peran media massa harus membangun dan membentuk karakter bangsa.

"Media juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemenuhan hak publik untuk tahu, dengan memberikan ragam informasi yang mengedukasi, mencerahkan, memberdayakan, dan menumbuhkan rasa cinta tanah air,” katanya.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan praktik langsung bagi peserta untuk memposting konten yang positif. Para peserta sangat antusias berlomba-lomba memposting video dan foto dengan tagar-tagar yang sudah disampaikan.(*)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.