Berlatih Menulis Cerita Pendek Bersama KosaKata

Mentor, E. Widiantoro sedang membahas karya perserta.
KOSAKATA, PONTIANAK –  Komunitas Sarang Kata (KosaKata) kembali memberikan pelatihan bagi kaum muda agar melek literasi. Kali ini, komunitas literasi ini melatih sembilan anak muda menulis sastra, terutama cerita pendek. 


Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 24 April 2021 di Gedung Pemberdayaan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Pontianak, Jalan WR Supratman. Kegiatan berlangsung santai dan sederhana.


Sejatinya, kegiatan itu akan dilaksanakan pada 2020. Namun, pandemi Covid-19 membuat kegiatan tersebut tertunda. Pelaksanaan kegiatan yang pesertanya mayoritas mahasiswa itu dilakukan dengan protokol kesehatan, yang ketat. Panitia menyediakan masker, penyanitasi tangan, dan vitamin.
 
“Ini untuk mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut. Kami juga membatasi peserta, dengan cara seleksi. Kami ingin pelatihan ini, benar-benar menghasilkan anak muda yang memiliki kemampuan dalam menulis,” kata Ketua KosaKata, Severianus Endi.
 
Pelatihan itu diampu oleh E. Widiantoro, seorang cerpenis Kalimantan Barat, yang telah menulis lebih dari 117 cerita pendek. Bagi Widi, begitu panggilan akrabnya, menulis cerpen itu seperti kita sedang bermimpi. “Sesingkat itu,” katanya.
 
Widi juga memberikan tips kepada peserta dalam menulis cerpen. “Perhatikan saja sekitarmu. Tulis saja yang dekat dengan kita,” katanya.
 
Kegiatan tatap muka berlangsung satu hari. Selanjutnya, akan dilakukan pertemuan untuk asistensi naskah cerpen dari peserta. Naskah itu akan diterbitkan dalam sebuah buku bersama yang berupa kumpulan cerita pendek.
 
“Saya senang bisa ikut kegiatan ini. Saya terpacu untuk meningkatkan potensi menulis dalam diri,” kata Eduarda Oktaviani, seorang peserta pelatihan.
 
Usai pelatihan, pada malam hari dilakukan sharing kepenulisan bersama. Diskusi ringan tentang dunia kepenulisan. [02/db]

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.