Logistik Bantuan Korban Banjir di Sintang Didistribusikan

November 13, 2021
Last Updated



Pada Sabtu, 13 November 2021, Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus memimpin pelepasan pendistribusian logistik untuk membantu korban banjir di Keuskupan Sintang dan Sanggau. Pendistribusiannya berkolaborasi dengan Kodam XII Tanjungpura. Gerakan peduli umat terdampak banjir ini digalang bersama melalui PSE-Caritas Keuskupan Agung Pontianak sejak 10 November 2021. 

Uskup Agus didamping Dandem Jasabekang Kodam XII Tanjungpura, Mayor Andika, Ketua Komisi PSE sekaligus Direktur Caritas Keuskupan Agung Pontianak, Br Kris Tampajara, Administrator Paroki MRPD Pontianak, Pastor Saut Marulitua Pr, Direktur Pertukangan KAP, Pastor Yoshua Boston Sitinjak OFM Cap, Pimpinan Suster SFMA, Sr. Kristina SMFA, kemudian  Sr. Kresentia SMFA dan Sr Muthia SMFA, yang menjadi Koordinator Posko di Pontianak dan Sintang. 

Uskup Agus menyampaikan, penggalangan bantuan melalui PSE-Caritas sudah dibicarakan dan direncanakan melihat awal terjadinya bencana banjir. Melihat musibah banjir yang semakin parah maka Keuskupan Agung Pontianak melalui PSE-Caritas Keuskupan Agung Pontianak melakukan penggalangan bantuan untuk korban banjir yang terdampak di dua wilayah tersebut. 

“Kami mengupayakan agar gerakan ini dilakukan dengan cepat untuk membantu korban,” kata Uskup Agus. 

Bantuan-bantuan yang sudah dikumpulkan itu akan didistirbusikan dan diberikan di dua wilayah keuskupan yang terdampak yaitu Keuskupan Sintang dan Keuskupan Sanggau.  

"Hari ini pelepasan pendistribusian kolaborasi menggunakan truk Kodam XII Tanjungpura untuk pendistribusian tahap pertama akan diserahkan langsung dengan Keuskupan Sintang," kata Uskup Agus.  

Uskup Agus mengingatkan semua anggota tim Cartitas untuk selalu mengutamakan koordinasi baik dengan mereka yang menjadi donatur maupun partner yang menjadi kolaborasi. 

"Terima kasih kepada donatur yang sudah memberikan bantuan lewat gerakan kemanusiaan ini. Doa kami untuk para donatur yang baik hati," ujar Uskup Agus. 

Adapun logistik yang dikirimkan bersama truk Kodam XII Tanjungpura pada Sabtu kemarin ada enam ton beras, ada sebanyak 1.200 kotak mie instan, 1.200 liter minyak goreng, dan beberapa bantuan yang berada pada lima armada lainnya. 

Dua truk milik Kodam XII Tanjungpura bersama truk lainnya, yang berjejer di depan PSE-Caritas KAP untuk siap berangkat bersama rombongan menuju ke Keuskupan Sintang. 

Pukul 07.20, Uskup Agus mengibarkan bendera Merah Putih sebagai simbolis kemanunggalan TNI Angkatan Darat Kodam XII Tanjungpura bersama Keuskupan Agung Pontianak untuk masyarakat.(db)

Selengkapnya