Mengapa Santo Lukas Disebut Pelindung Tukang Daging?

Oktober 17, 2022
Last Updated


Berbahagialah para tukang daging. Gereja Katolik menetapkan Santo Lukas sebagai Pelindung Tukang Daging. Setiap tanggal 18 Oktober, gereja merayakan hari raya St. Lukas. Lukas merupakan satu dari empat penulis Injil. Ia juga menulis Kisah Para Rasul. St. Lukas memasukkan kesaksian Santa Perawan Maria yang Terberkati ke dalam tulisannya.

Ketika melakukan lawatan ke Mediterania bersama Santo Paulus, Lukas bertindak sebagai dokter pribadi Paulus. Sehingga, Lukas dijuluki sebagai santo pelindung banyak profesi, seperti dokter, ahli bedah, hingga tukang daging.

Kok bisa ya, St. Lukas dikaitan dengan tukang daging? Menurut Chatolic News Agency, gambar seekor lembu bersayap memberikan petunjuk terkait hal tersebut. Coba perhatikan gambar khusus pada St. Lukas tersebut. Seperti yang kita tahu, masing-masing penulis Injil - Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes — memiliki gambaran khusus yang terkait dengannya. Matius adalah manusia ilahi; Markus adalah singa bersayap; dan Yohanes adalah seekor elang. Sementara Lukas adalah seekor lembu bersayap.

Pastor Bonaventure Chapman dari Dominika pada 2013 menyebutkan, penggambaran pertama simbol-simbol hewan pada keempat penginjil tampaknya berasal dari St. Ireneus dalam karyanya “Against Heresies.” Di sana, Ireneus mencatat bahwa Injil Lukas dimulai dengan Zakharia, imam yang mempersembahkan korban kepada Tuhan - lembu dikaitkan dengan pengorbanan bait suci dalam Yudaisme - dan juga menampilkan perumpamaan tentang anak yang hilang, di mana seekor anak lembu yang tambun disembelih setelah gelar anak laki-lakinya kembali.

Lembu atau anak lembu menandakan karakter imam dan pengorbanan Kristus dalam catatan St. Lukas,” kata Chapman dalam tulisannya. Tapi mungkin juga ada alasan berbeda untuk hubungan Lukas dengan lembu.”

Lembu juga sangat terkait dengan kuk, dan bekerja dalam tim yang terdiri dari dua orang — seperti yang dilakukan St. Lukas dan St. Paulus ketika mereka menginjili Mediterania.

“Ada sesuatu yang sangat cocok dengan simbolisme kuk untuk St. Lukas, yang merupakan teman seperjalanan St. Paulus dan 'dokter tercinta,'” tulis Chapman.

“Dipasangkan pada St. Paulus pasti tidak mudah, dengan semua kapal karam dan penganiayaan dan yang lainnya, tetapi kasih St. Lukas terhadap sahabatnya ditemukan dalam catatan cermat yang kita miliki tentang St. Paulus dalam Kisah Para Rasul. Lembu mungkin tidak seagung rajawali, agung seperti singa, atau sehebat malaikat; tetapi seekor lembu adalah simbol cinta dan misi bersama, St. Paulus dan St. Lukas menabur dan membajak ladang panen Tuhan.”

Perlu dicatat bahwa Lukas bukan satu-satunya orang suci yang dikatakan sebagai pelindung tukang daging - setidaknya sembilan orang suci lainnya juga memiliki perlindungan ini. Meskipun Lukas sendiri tampaknya bukan tukang daging, hubungannya dengan lembu membuat hubungan yang pas.

Sumber: Chatolic News Agency

Selengkapnya