Renungan Katolik, Minggu 16 Oktober 2022 - Doa: Napas Hidup Kita (St. Fransiskus dari Assisi)

Oktober 15, 2022
Last Updated

Orang yang beriman akan selalu berpegang pada kebenaran, selalu andalkan Allah dalam hidupnya, tekun dalam doa dan hidup dalam kasih. Inilah panggilan kita sebagai pengikut Kristus. 

Ora et Labora (St. Benedict) sangat tepat utk dikenakan pada janda, Harun, Hur dan St.  Paulus dan Timotius dlm bacaan hari ini. Rahmat Allah itu perlu juga kerja sama dari pihak manusia. Doa yang berkenan pada Allah apabila didasari atas iman yang teguh, kerendahan hati, kesabaran,  kesabaran dan kreativitas dari pihak kita. Dalam doa, Allah berbicara dan kita mendengarkan, dan ketika kita berbicara, Allah mendengarkan kita.

Lalu, apakah Allah mengabulkan doa kita? Jangan tanya ini, sebab tugas kita adalah memohon, tugas mengabulkan adalah tugas Allah. Karena itu jangan mendikte Allah dalam doa kita. Yang perlu adalah iman kita akan belas kasih Allah dan kesetiaan kita untuk terus hidup menurut kehendak-Nya, mewartakan Sabda-Nya dan hidup dalam kasih dengan semua orang. Dalam hari pangan sedunia ini, kita tidak sekadar bersyukur kepada Allah, tapi juga berbela rasa kepada orang yang memerlukan uluran tangan kasih kita dari apa yg kita miliki. Dengan demikian, Allah dimuliakan dalan dirimu, dan kamu dibahagiakan oleh Allah. Tuhan memberkati.

Penulis: RP. Leonardus Nojo, OFMcap

Selengkapnya