Wagub Minta Kontingen Pesparani Harumkan Nama Kalbar Lewat Prestasi

Oktober 24, 2022
Last Updated

[Kontingen Pesparani Kalbar saat dilepas Wakil Gubernur Ria Norsan - Foto: Pemprov Kalbar]

Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik resmi dilepas Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan pada Senin, 24 Oktober 2022. Mereka akan berkompetisi di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 28 Oktober hingga 1 November 2022.

Ria Norsan menyebutkan, Pesparani ini menjadi momentum yang strategis bagi umat Katolik. Terutama, kata dia, dalam meningkatkan dan mengamalkan nilai-nilai kekatolikan. Ini juga menjadi wadah menggali talenta dalam musik gerejani lewat kreasi dan seni budaya.

 

“Saya minta pusatkan perhatian dalam berkompetisi sehingga bisa meraih prestasi terbaik. Harumkan nama Kalbar. Tetap jaga kesehatan agar bisa mencapai tujuan tadi. Saya juga minta jaga kekompakan dan kebersamaan,” kata Norsan.

 

Wagub juga meminta kontingen Kalbar menjaga nama baik masyarakat dan daerah Kalbar selama pergelaran perlombaan berlangsung. "Saya berkeyakinan Kalbar bisa meraih prestasi dan menjadi juara di Pesparani ini,” harapnya. 


Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Daerah (LP3KD) Kalbar, Samuel mengatakan, kontingen Kalbar di ajang Pesparani Nasional II akan mengikuti beberapa kategori lomba. Yaitu paduan suara anak, paduan suara gregorian remaja dan paduan suara orang muda katolik serta beberapa kategori lomba lainnya. 


Sementara untuk kategori lomba secara online meliputi paduan suara dewasa wanita yang diwakili Kabupaten Sanggau dan paduan suara dewasa pria gregoria yang diwakili Kabupaten Sintang. Sedangkan perlombaan secara tatap muka akan digelar beberapa kategori yaitu Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) diwakili dari Kabupaten Landak, untuk mazmur anak diwakili LP3K Kabupaten Kubu Raya, untuk mazmur remaja diwakili LP3K Kabupaten Bengkayang, mazmur OMK diwakili LP3K dari Kota Pontianak.

 

"Sedangkan untuk kategori mazmur dewasa dan kategori cerdas cermat anak diwakili LP3K Kabupaten Sintang, cerdas cermat remaja dari LP3K Kota Pontianak dan kategori lomba bertutur kitab suci diwakili LP3K Kota Pontianak,” jelasnya. 


Adapun pada ajang kali ini jumlah Kontingen Kalbar yang mengikuti Pesparani Nasional II sebanyak 69 orang. Kontingen Kalbar direncanakan berangkat ke Kota Kupang pada 26 Oktober 2022 dan akan kembali ke Kalbar pada 2 November 2022.


“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi atas komitmen kepada LP3KD Kalbar dan penyelenggaraan di Kupang. Kami juga berterima kasih kepada Gubernur Kalbar atas rekomendasinya untuk menjadi tuan rumah pada ajang Pesparani Nasional yang akan digelar di Kalbar pada tahun 2025,” tutupnya.(
*)

 

Sumber: Rilis Pemprov Kalbar

 

Artikel Lain: Ikut Pesparani di Kupang, Kontingen Kalbar Siap Berikan yang Terbaik

Selengkapnya