DPP Paroki Pemangkat Dikukuhkan, Uskup Agus: Bangga dengan Umat

November 21, 2022
Last Updated

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus saat menghibur umat usai pelantikan DPP St. Yoseph Pemangkat. [Foto: Komsos KAP]

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus bangga atas partisipasi umat Katolik di Paroki Santo Yoseph Pemangkat. Hal itu diungkapkan Uskup Agus saat mengukuhkan 49 Dewan Pastoral Paroki (DPP) St. Yoseph Pemangkat, Minggu 20 November 2022. 

Pengukuhan diawal dengan misa sekira pukul 18.00, yang dipersembahkan langsung oleh Uskup Agung dengan konselebran, RD Bartolomeus Asai, RD Rupinus Kehi, RD Hendra Tjen, dan RD Saut Marulitua. Hadir seluruh anggota DPP yang berasal dari 11 stasi di paroki tersebut. Hujan tak menjadi halangan bagi umat untuk menghadiri misa yang sekaligus memeringati Hari Raya Tuhan Yesus Kristus Raja Semesta Alam. 

Dalam homili singkat, Uskup Agus menegaskan, kehadiran dewan pastoral menjadi bagian paling penting dalam elemen kehidupan paroki tersebut. "DPP ada untuk memperkokoh kemandirian paroki," katanya. 

Menurut Uskup Agustinus, maju mundur sebuah gereja tergantung umat dan pembina. "Saya berterima kasih kepada umat yang membawa perubahan yang luar biasa selama dua tahun ini. Saya bangga dengan kalian," katanya. 

Uskup Agustinus mengakui, Plaza Maria Tionghoa di Pemangkat belum jadi sepenuhnya, Ia berjanji untuk siap membantu hingga penyelesaian Plaza Maria. "Saya janji untuk bantu dalam pembangunannya. Dengan adanya plaza ini, saya akan memberikan kenangan cerita-cerita penampakan Bunda Maria seluruh daerah yang punya peristiwa. Sehingga pengunjung datang dapat memperoleh pengetahuan baru tentang penampakan Bunda Maria seluruh dunia," kata Uskup Agustinus. 

Bapa Uskup juga menyinggung sekilas tentang pentingnya menjaga sejarah misi Katolik pertama di Pelanjau, Sejarah misi di Paroki Menjalin hingga sejarah tentang Gua Maria Ratu Pencinta Damai Anjungan. "Kita jangan lupa sejarah," tegas Uskup Agustinus. 

Dalam momen usai pelantikan itu Uskup Agustinus menitikberatkan poin tentang kebutuhan Biduk (mengenai data umat) secara digital. Ia berharap semua anggota dapat bekerjasama untuk memasukkan data umat agar mempermudah pendataan umat secara digital dan menyeluruh. 

"Saya bangga dengan kalian. Mari kita jadikan Gereja mungil yang berornamen Tionghoa ini  contoh yang baik," tutup Uskup Agustinus. 

Pastor Kepala Paroki St Yoseph Pemangkat, RD Bartolomeus Asai bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran Uskup Agung. "Kehadiran gembala Keuskupan Agung Pontianak menunjukkan kecintaannya kepada umat paroki ini," kata Asai. 

Sementara itu, Ketua DPP St Yoseph Pemangkat, Edy Kurniawan berharap dengan dikukuhkan anggota dewan paroki, semua anggota bisa belajar untuk melayani sesama dan berkorban untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang diusung oleh gereja. 

"Dengan kehadiran Bapa Uskup Agustinus, bersama teladannya kami semakin dikukuhkan dalam pelayanan hidup menggereja," Kata Edy. 

Penulis: Samuel OFS

Selengkapnya