Jelang Akhir Tahun, Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Kalimantan Barat

December 22, 2022
Last Updated


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kalimantan Barat memperkirakan hujan lebat disertai angin kencang dengan durasi singkat bakal terjadi pada penghujung tahun ini. Masyarakat mesti waspada dampak cuaca ekstrem itu, terutama pohon tumbang, kerusakan atap rumah akibat angin kencang, dan jalan menjadi lebih licin.  

“Munculnya genangan/banjir, tanah longsor, dan dampak bencana hidrometeorologi lainnya yang dapat menghambat aktivitas,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Supadio, Nanang Buchori dalam siaran persnya, kemarin. 

Ia menambahkan, wilayah Pesisir Barat Kalbar seperti Kabupaten/Kota : Ketapang, Kayong Utara, dan Kubu Raya perlu mewaspadai potensi terjadinya banjir/genangan yang dipicu oleh kombinasi hujan lebat dan pasang air laut yang diprakirakan terjadi tanggal 23 – 24 Desember 2022. 

Pasang air laut maksimum di sekitar wilayah Kendawangan Ketapang diprakirakan setinggi 1.9 meter pada tanggal 23 – 26 Desember 2022 Pukul 10.00 – 12.00 WIB. Pasang air laut maksimum di sekitar Kota Pontianak diprakirakan setinggi 1.8 meter tanggal 26 – 27 Desember 2022 pukul 09.00 – 10.00 WIB. 

Dampak pasang air laut maksimum periode ini agar diwaspadai terutama wilayah Pesisir Barat Kalbar yang sering terdampak, karena pasang air laut periode ini diprakirakan pasang tertinggi tahun ini.

Menurut Nanang, pada 25 – 27 Desember 2022 diprakirakan cuaca akan kembali panas dan kecil kemungkinan terjadinya hujan lebat, namun demikian perlu diwaspadai potensi terjadi angin kencang pada siang – sore hari di Pesisir Barat Kalbar. Pada periode ini perlu diwaspadai potensi mudahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan di sebagian besar wilayah Kalbar.

Dalam seminggu ke depan gelombang kategori tinggi lebih dari 2.5 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan Kep. Anambas. Perairan Utara Kep. Anambas, Perairan Barat Kep. Natuna, Perairan Utara Kep. Natuna, Perairan Selatan Kep. Natuna - P. Midai, Perairan Kep. Subi - Kep. Serasan, Laut Natuna, Perairan Sambas bagian Utara, Perairan Kep. Karimata, dan Laut Natuna Utara. 

Diimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di area sekitar pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (db)

Selengkapnya