Kata-kata Terakhir yang Diucapkan Paus Emeritus Benediktus XVI: “Tuhan, Aku Mencintaimu.”

January 01, 2023
Last Updated

Vatikan telah merilis foto-foto jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI, yang meninggal pada 31 Desember 2022, pada usia 95 tahun. | Media Vatikan

Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia di Vatikan pada 31 Desember 2022. Sebelum meninggal dunia, paus emeritus yang mengundurkan diri pada 11 Februari 2013 yang meninggal saat berusia 95 tahun, menyampaikan kata-kata terakhirnya. Kata-kata itu disampaikan saat paus emeritus terbaring di ranjangnya.

“Tuhan, aku mencintaimu.” Itu kata-kata terakhir dari Paus Emeritus Benediktus XVI seperti diungkapkan sekretaris pribadinya, Uskup Agung Georg Ganswein, yang dikutip oleh Vatikan News.

Sekitar pukul 03.00 (waktu Vatikan), 31 Desember 2022, beberapa jam sebelum meninggal, Benediktus ditemani seorang perawat yang tidak bisa berbahasa Jerman. Saat itu Ganswein dan lainnya yang bergiliran tinggal bersama paus emeritus telah meninggalkan ruangan sejenak. Ganswein menceritakan, Benediktus XVI dengan suara yang lembut namun dapat dibedakan dengan jelas berkata dalam bahasa Italia, “Tuhan, aku mencintaimu!”

Ganswein mengungkapkan, “Saya tidak ada di sana saat itu, tetapi perawat memberi tahu saya tidak lama kemudian. Itu adalah kata-kata terakhirnya yang bisa dipahami karena setelah itu dia tidak lagi bisa mengekspresikan dirinya."

Kematian paus emeritus diumumkan di Roma pada 31 Desember. Misa pemakamannya yang khusyuk akan diadakan pada hari Kamis, 5 Januari, pukul 09.30 waktu Roma di Lapangan Santo Petrus, dengan dipimpin oleh Paus Fransiskus. Benediktus XVI akan dimakamkan di ruang bawah tanah Vatikan setelah pemakaman.

“Sesuai dengan keinginan paus emeritus, pemakaman akan dilakukan dengan tanda kesederhanaan,” kata direktur kantor pers Vatikan, Matteo Bruni. Bruni mengatakan kepada wartawan dalam jumpa pers 31 Desember bahwa Benediktus menerima sakramen pengurapan orang sakit pada 28 Desember.

Pada Minggu, 1 Januari 2023, Vatikan secara resmi membagikan foto pertama Paus Emeritus Benediktus XVI sejak meninggal dunia pada 31 Desember. Jenazah Benediktus telah disemayamkan di kapel Biara Mater Ecclesiae, rumah paus emeritus setelah pengunduran dirinya, sampai dibawa ke Basilika Santo Petrus untuk dilihat publik pada 2 Januari. Benediktus XVI mengenakan jubah merah dan emas serta mengenakan mitra emas. Paus secara tradisional berpakaian merah untuk pemakaman mereka.

Benediktus XVI akan disemayamkan di Basilika Santo Petrus mulai 2–4 Januari. Misa pemakamannya akan berlangsung di alun-alun Vatikan pada pagi hari tanggal 5 Januari. Pemakaman akan berlangsung khidmat, tetapi tenang, kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni.

Setelah Misa pemakaman, jenazah Benediktus XVI akan dimakamkan di ruang bawah tanah Vatikan, di bawah Basilika Santo Petrus. Bruni mengatakan kepada wartawan pada 1 Januari bahwa beberapa orang yang paling dekat dengan Benediktus, kemungkinan mereka yang bekerja untuknya di rumah tangganya, akan melihat jenazahnya di biara Vatikan pada hari Minggu.

Sumber: Chatolic News Agency

Artikel Lain: Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia di Vatikan

Selengkapnya