Uskup Agustinus Tawarkan Anak Panti Asuhan Kuliah Gratis di Unika St. Agustinus Hippo

January 04, 2023
Last Updated

Uskup Agung Agustinus Agus bersama anak-anak panti asuhan tengah menyanyikan lagu Natal dalam perayaan Natal Bersama di Kompleks Rumah Retret, Anjongan. [Foto: Komsos KAP]  

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus memberikan perhatian khusus kepada anak-anak panti asuhan Katolik. Dia berjanji akan menggratiskan anak panti asuhan Katolik yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Santo Agustinus Hippo. Uskup Agustinus mengungkapkan itu ketika merayakan Natal Bersama anak panti asuhan di Rumah Retret Santo Johanes Paulus II, Anjongan, pada 2 Januari 2023.

“Saya janji akan bantu kalian untuk kuliah, yang penting belajar dengan baik,” kata Uskup Agustinus.

Ada 46 anak yang ikut perayaan Natal bersama tersebut. Mayoritas yang hadir sudah menginjak remaja. Sebentar lagi, mereka akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Uskup Agustinus kemudian mengungkapkan, Keuskupan Agung Pontianak sudah memiliki universitas. Bapa Uskup pun menawarkan kepada anak panti asuhan yang ingin kuliah di universitas tersebut. Uskup Agus menawarkan kuliah gratis bagi anak panti asuhan Katolik.

Perjumpaan Uskup Agustinus dengan anak panti asuhan Katolik di Anjongan dibalut dengan perayaan Natal bersama. Dikoordinir panitia dari Radio Diah Rosanti dan Komsos Keuskupan Agung Pontianak, anak-anak panti asuhan itu disambut langsung Uskup Agustinus ketika tiba di Rumah Retret Santo Johanes Paulus II. Uskup mengajak anak-anak untuk melihat Gua Maria Ratu Pencinta Damai dan rumah retret yang ada di kompleks tersebut.

Temu Natal bersama tahun ini diikuti empat panti asuhan. Kegiatan difokuskan di Aula Rambai, yang merupakan duplikasi Gereja Santo Yoseph Katedral Pontianak zaman dulu. Perayaan Natal berlangsung khimat dan larut dalam keheningan. Uskup Agustinus mengungkapkan rasa cintanya kepada anak-anak panti asuhan. Karena itu, ia ingin meluangkan waktu untuk hadir bersama anak panti asuhan dalam perayaan Natal.

“Saya adalah kakek untuk kalian dan bapak untuk sebagian dari kalian,” kata Uskup Agustinus.

Menjelang akhir tahun, Uskup Agustinus juga merayakan Natal bersama di beberapa tempat. Ia mengunjungi merayakan Natal bersama warga binaan di Kapel Santa Theresia Benedikta Lembaga Pemasyarakatan Perempuan di Pontianak, kemudian merayakan Natal bersama di Rumah Tahanan Negara Klas IIA Pontianak. Uskup Agus juga merayakan Natal bersama di Lapas dewasa Klas IIA Pontianak. Dalam setiap perjumpaan kasih itu, Uskup selalu menekankan penting untuk mengubah diri.

Penulis: Samuel OFS

Artikel Lain: Uskup Agus kepada Warga Binaan: Saya Datang Mewakili Orangtua Kalian

Selengkapnya