Lima Imam Kapusin Ditahbiskan; Pesan Uskup Valentinus: Jadilah Pelayan Umat yang Baik

February 09, 2023
Last Updated


Kapusin Provinsi Pontianak mendapat tambahan lima imam baru. Pada 9 Februari 2023, lima diakon ditahbiskan sebagai imam oleh Uskup Sanggau, Mgr Valentinus Saeng, CP di Paroki Gembala yang Baik, Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau.

Proses tahbisan lima imam baru ini berlangsung meriah. Kelima imam diarak bersama sejumlah imam lainnya memasuki gereja di Kuala Dua. Umat Katolik yang hadir dalam proses pentahbisan tersebut sangat ramai. Ada yang datang dari luar Keuskupan Sanggau. Mereka turut bergembira menyambut kehadiran lima imam kapusin yang baru tersebut.

Adapun lima imam kapusin yang baru ditahbiskan itu terdiri atas Imanuel Fredykus Chandra OFMCap asal Paroki Santa Maria tak Bernoda Putussibau, Ayudi Apolonius Jumbing OFMCap asal Paroki Maria Diangkat ke Surga Jangkang, Romanus Rusdi Fardani OFMCap asal Paroki Santo Paulus Rasul Sekayam, Benedetto Beno OFMCap asal Paroki Santo Fidelis Sungai Ambawang, dan Selpinus Ala OFMCap asal Paroki Santo Agustinus dan Matias Darit.

Di mana mereka akan bertugas? Pastor Imanuel Fredykus Chandra OFMCap akan bertugas di Rumah Retret Tirta Ria Pontianak, Pastor Ayudi Apolonius Jumbing OFMCap akan bertugas di Paroki Santo Paulus Rasul Sekayam, Romanus Rusdi Fardani OFMCap bertugas di Rumah Retret Tirta Ria Pontianak, Benedetto Beno OFMCap bertugas di Paroki Santa Maria tak Bernoda Pusat Damai, dan Selpinus Ala OFMCap akan bertugas Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman.

Uskup Sanggau, Mgr Valentinus Saeng, CP mengungkapkan kegembiraannya karena masih ada orang muda yang mau menjadi pastor. "Saya gembira dan bersyukur, juga bersuka cita. Masih ada anak muda Katolik yang menjadi seorang imam,” kata Uskup Valen.

Uskup Valen juga menyerukan kepada anak-anak muda, terutama anak Katolik ikut ambil bagian dalam pewartaan kasih Tuhan. “Saya berharap anak-anak muda yang lain juga mau menjadi pastor, bruder, atau suster,” katanya.

Ia mengajak para imam yang baru ditahbiskan untuk menikmati panggilan sebagai seorang pastor. “Bergembiralah dan bersukacitalah. Anda ada orang yang istimewa yang dipilih oleh Tuhan untuk karya pelayanan ini,” katanya.

Uskup Valen juga mengajak para imam yang baru ditahbiskan untuk terus memperbaharui diri. “Teruslah belajar. Kita harus menambah wawasan pengetahuan supaya karya pelayanan, berbuah dan berguna untuk gereja juga masyarakat. Jadilah pelayan umat yang baik,” ujarnya.

Artikel Lain: Valentinus Saeng Diangkat Sebagai Uskup Sanggau

Selengkapnya