Paus Fransiskus Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Didiagnosis Menderita Infeksi Pernapasan

March 29, 2023
Last Updated

Paus Francis memasuki Aula Paulus VI Vatikan dengan kursi roda pada 5 Mei 2022. | Daniel Ibáñez/CNA

Kesehatan Paus Fransiskus menurun. Bapa Suci dikabarkan dirawat di Rumah Gemelli, Roma selama beberapa hari setelah didiagnosis menderita infeksi pernapasan. Paus berusia 86 tahun itu mengalami kesulitan bernapas dan sedang menjalani tes medis di rumah sakit.

“Dalam beberapa hari terakhir Paus Fransiskus mengeluhkan kesulitan bernapas dan sore ini pergi ke [Rumah Sakit Gemelli] untuk melakukan beberapa tes medis. Hasil tes ini menunjukkan infeksi pernapasan (tidak termasuk infeksi Covid-19) yang memerlukan beberapa hari perawatan medis yang tepat di rumah sakit,” kata Direktur Kantor Pers Tahta Suci Matteo Bruni, Rabu malam.

“Paus Fransiskus tersentuh dengan banyak pesan yang dia terima dan mengucapkan terima kasih atas kedekatan dan doanya,” tambah Bruni.

Bruni telah mengeluarkan pernyataan singkat pada sore hari tanggal 29 Maret untuk mengatakan bahwa paus berada di Rumah Sakit Gemelli “untuk beberapa pemeriksaan yang dijadwalkan sebelumnya.”

Gemelli adalah rumah sakit yang sama tempat Paus Francis dirawat di rumah sakit pada Juli 2021 ketika dia menjalani operasi usus besar karena divertikulitis, atau radang dinding usus.

Dalam sebuah wawancara pada Januari 2023, Paus Fransiskus mengungkapkan, divertikulitis telah kembali. Pada saat itu, Paus yang melakukan perjalanan ke Sudan Selatan dan Republik Demokratik Kongo pada akhir Januari – menegaskan kondisinya relatif baik.

Paus juga menderita sejak tahun lalu karena masalah pada lutut kanan, sehingga dia harus mengandalkan tongkat dan kursi roda untuk bergerak. Tetapi Bapa Suci mengatakan, patah tulang telah sembuh tanpa operasi setelah terapi laser dan magnet.[]

Sumber: Chatolic News Agency

Selengkapnya