Pimpin Misa di Karangan, Uskup Agustinus: Teladani Santo Yoseph agar Bisa Menjadi Saksi Kristus yang Sejati

March 19, 2023
Last Updated

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus didampingi Pastor Paroki Karangan, Pastor May OSJ saat diarak menuju Gereja Santo Yusuf, Karangan. [Foto: Komsos KAP]

Pada Minggu 19 Maret 2023, ribuan umat Katolik di Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak memadati Gereja Santo Yusuf. Umat datang menghadiri misa yang dipersembahkan Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus dalam perayaan Pesta Santo Yoseph.

Uskup Agustinus didampingi Pastor Paroki Karangan, Pastor May OSJ diarah menggunakan mobil hias menuju gedung gereja. Anak-anak muda Katolik mengiringi dengan memainkan drumband dan tari-tarian meriah khas Kanayatn.

Dalam perayaan syukur Pesta Pelindung Paroki Santo Yoseph, Karangan tersebut, Uskup Agustintus mengajak umat meneladani Santo Yoseph, suami Santa Maria. “Hendaknya kedua orang itu bisa menjadi inspirasi dan penguat iman bagi umat Katolik di Paroki Karangan,” kata Uskup Agustinus.

Uskup Agung juga mengajak umat Katolik menjadi terang dan garam dalam segala proses pekerjaan dan menjadi bejana murni dalam perwartaan iman. Sebagaimana teladan Santo Yoseph suami dari Bunda Maria yang bekerja dengan tulus, menerima Maria sebagai istri dan membesarkan Yesus.

"Kita semua harus menerapkan teladan Santo Yoseph dalam hidup sehari-hari, agar bisa menjadi saksi Kristus yang sejati," doa dan harap Uskup Agustinus.

Umat Paroki Santo Yusuf Karangan sangat antusias mengikuti perayaan suci dalam perayaan ekaristi di Hari Santo Yoseph. Paroki Karangan juga dilayani oleh Missionaris Pastor Oblat Santo Joseph (OSJ) dari Filipina.

Pada 19 Maret 2017, Stasi Karangan resmi menjadi Paroki Santo Yusuf Karangan Mempawah Hulu. Paroki tersebut menjadi tempat pembukaan misi pertama Kongregasi OSJ di Indonesia. Uskup Agustinus memberkati paroki tersebut yang juga dihadiri Superior General dan Provinsial Superior Kongregasi Oblat Santo Joseph.

Perayaan juga dihadiri oleh ratusan umat yang datang dari stasi-stasi untuk memadati area sekitar gereja. Perayaan misa Pesta Santo Yoseph di Paroki Santo Yusuf Karangan Mempawah Hulu, yang dipimpin oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus, dan Pastor Paroki Karangan, Pastor May OSJ, berlangsung dengan khidmat dan sukses. Para umat Katolik dan masyarakat setempat menyambut kehadiran mereka dengan antusiasme dan semangat yang tinggi, serta menunjukkan kesatuan dan persatuan dalam menguatkan iman.

Penulis: Samuel OFS

Editor: Budi Atemba

Artikel Lain: Novel Bernapaskan Katolik, dari Da Vinci Code hingga The Name of the Rose

Selengkapnya