Resmi Dilantik, DAD Kalbar Diminta Jaga Keharmonisan Daerah

March 10, 2023
Last Updated


Kepengurusan Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Barat periode 2023-2028 dilantik, Jumat (10/3) di Pontianak. Diketuai oleh Cornelius Kimha, besar harapan untuk kemajuan masyarakat Dayak di daerah ini pada masa mendatang. "Ada 214 pengurus DAD Kalbar. Dengan kepengurusan yang baru ini kita akan tetap menjalankan kepengurusan DAD sesuai AD/RT. Ini menjadi panduan kita," ujar Ketua DAD Kalbar, Cornelius Kimha, kemarin.

Kimha mengatakan, sebagai organisasi kesukuan berbasis kebudayaan, DAD sangat melekat di hati masyarakat Dayak. Lembaga besar ini bukan hanya mampu menciptakan harmonisasi di lingkungan sendiri, juga menjaga harmonisasi dalam semua golongan masyarakat di Kalbar.

Sistem kerja DAD Kalbar, tidak terlepas dari kebijakan yang diatur dan ditata oleh Majelis Adat Dayak Nasional (MADN). Oleh sebab itu dalam menjalankan program DAD Kalbar juga akan berkoordinasi dengan kepengurusan DAD di 14 kabupaten/kota di Kalbar. Dengan begitu fokus pemberdayaan masyarakat adat dan para pemangku adat ke depan dapat berjalan dengan senada.

Untuk mencapai apa yang menjadi keinginan tentunya kepengurusam DAD akan bersinergi dengan pemerintah sebagai partner. Di satu sisi lembaga ini juga bisa menjadi lembaga pengawasan dan kontrol atas kepuasan masyarakat.

Dewan Pertimbangan Dewan Adat Dayak, Lasarus mengajak pengurus periode ini bisa menjaga harmonisasi daerah. Dengan begitu, akan membuat semua orang merasa nyaman tinggal di Kalbar. Seperti pepatah berdiri sama tinggi duduk sama rendah. 

Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan DAD Kalbar di bawah kepemimpinan Cornelius Kimha. Sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Kalbar mudah-mudahan dengan terlantiknya kepengurusan DAD yang baru bisa semakin bersinergi untuk memajukan Kalbar yang dicintai.

Norsan optimis dan yakin dengan adanya semua unsur yang berada di sini, cita-cita untuk mewujudkan Provinsi Kapuas Raya bisa tercapai.

Artikel Lain: Cornelius Kimha Terpilih Sebagai Ketua DAD Kalbar

Selengkapnya