Uskup Agustinus Beri Pesan Menyentuh bagi Anak-anak Sekolah Minggu di Novisiat Kapusin Medan

March 27, 2023
Last Updated

[Foto: Komsos KAP]

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus berkunjung ke beberapa tempat pendidikan dan biara Frater Kapusin di Pematang Siantar, Sinaksak, dan Parapat pada Minggu, 26 Maret 2023. Kunjungan itu sebagai bentuk dukungan kepada Frater Kapusin dalam mempersiapkan diri sebagai calon imam.

Selain itu, kunjungan ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan dan iman di wilayah tersebut. Uskup Agustinus mendapat sambutan hangat dari para Frater Kapusin dan umat setempat. Mereka senang dan terhormat atas kehadiran Uskup Agustinus.

Pastor Gabriel Marcel OFMCap yang mendampingi Uskup Agustinus mengatakan, setelah menghadiri perayaan pesta 100 tahun Suster Fransiskus Dina (SFD) Indonesia di Medan, Uskup Agustinus berkenan berkunjung ke Pematangsiantar. Uskup Agustinus mengunjungi beberapa tempat, termasuk Biara Kapusin St. Fransiskus Jalan Medan, Seminari Tinggi Santo Petrus, Bikap St. Bonaventura, dan Novisiat Kapusin Medan.

Pastor Gabriel bertugas di Pematangsiantar sejak 2021. Ia sekarang bertugas sebagai staf formatur dan magister spiritual untuk para Frater-frater Kapusin dari keempat ajaran: Medan, Pontianak, Sibolga, dan Nias. Pastor Gabriel juga bertugas sebagai Sekretaris Eksekutif Badan Kerjasama Kapusin Indonesia (BKS Kapindo).

Pastor Gabriel mengatakan, Uskup Agustinus juga datang dan melihat langsung Seminari Tinggi Santo Petrus (STSP), tempat para calon Imam Diosesan dari Regio Sumatra Utara.

Uskup Agustinus bersama Suster Kristina SFD menuju ke Bikap St. Bonaventura (Biara untuk Student Frater-frater Conventual atau OFM Conv), yang bertetangga dengan Biara Alverna Sinaksak, tempat frater Kapusin yang sedang menempuh studi filsafat.

Setelah berkunjung keempat rumah studi para frater calon imam di Siantar, Uskup Agustinus menuju ke Parapat, sebuah kota di pinggiran Danau Toba yang dijuluki tempat kepingan surga.

Di Parapat, Uskup Agustinus berkenan meluangkan waktu mengunjungi dan melihat serta berjumpa dengan para Frater-frater Kapusin di Novisiat Kapusin Medan. Tempat yang menempat para calon imam Kapusin sejak berpuluh tahun lalu. Namun kini setiap provinsi dan Kustodi Kapusin telah memiliki novisiat sendiri.

Dalam kunjungan singkat di Novisiat Kapusin Medan itu, Uskup Agustinus masih sempat menyapa frater Kapusin dan anak-anak sekolah Minggu dan berkunjung ke Novisiat. Di sana Uskup Agung juga turut bernyanyi bersama mereka dan memberikan berkat.

Suster Kristina SFD menuliskan pesan kecil yang diperoleh dari pesan Uskup Agustinus dalam perjumpaan dengan anak-anak dengan bertuliskan, “Kalian adalah masa depan Gereja. Semoga ada yg terpanggil menjadi pastor, suster, dan bruder.”

Menurut Pastor Gabriel, para frater di rumah pendidikan dan novisiat sungguh senang dan bangga atas kunjungan Uskup Agustinus.

“Karena hari Minggu waktu yang singkat itu telah menoreh kesan yang dalam khususnya di hati para Frater Kapusin dari Pontianak yang sedang studi di Pematangsiantar dan juga frater-frater novis di Parapat juga tak kalah pentingnya bagi anak-anak sekolah Minggu. Minggu Gembira yang beliau sampaikan pesan dan berkat,” kata Pastor Gabriel OFMCap.

Pastor Gabriel mengatakan, sungguh kunjungan singkat, padat, dan penuh berkat bagi civitas kapusin di Sumatra Utara. “Terima kasih Uskup Agus atas kunjungan dan berkatnya. Sehat dan semangat dalam tugas dan pelayanan. Semoga kunjungan Bapa Uskup dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para Frater Kapusin dan umat,” imbuh Pastor Gabriel.

Penulis: Samuel, OFS

Editor: Budi Atemba

Artikel Lain: Tujuh Paus Paling Kontroversial, Tindakan Paus Stefanus VI Dianggap Paling Kejam

Selengkapnya