Renungan Katolik Minggu 2 April 2023: Hosana vs Salibkan Dia

April 01, 2023
Last Updated


Hari ini kita mengenangkan Yesus masuk Kota Yerusalem. Dia disambut dengan gegap gempita dan dielu-elukan sebagai Raja. Bahkan banyak orang menghamparkan pakaian di jalan yang dilalui Yesus dengan keledai. Teriakan "hosana" bergema sepanjang jalan. Inilah awal dari sebuah perjalanan baru yang harus dilalui Yesus, yakni Jalan Salib karena cinta.

Mereka yang berteriak "Hosana" mereka juga yang akan berteriak "Salibkan Dia!" Sebuah perubahan pola pikir dan pola tindak dalam diri seseorang yang sangat bertentangan satu sama lain. Itulah manusia.

Yesus dalam menjalankan misi yang diberikan Bapa kepada-Nya, Dia tetap konsisten misi tersebut meski banyak tawaran untuk menjadikan Dia sebagai Raja Israel. Dia lebih memilih menderita sengsara akibat dari cara hidup, karya dan pewartaan-Nya yang Dia terima dari Bapa, sebab Dia sangat mencintai manusia. 

Dia tetap konsisten untuk menegakkan kebenaran, keadilan dan perdamaian di muka bumi ini demi memulihkan martabat manusia yang telah dirusak oleh dosa. Sebaliknya, manusia dalam hidupnya sering tidak konsisten, baik dalam pola pikir maupun dalam cara hidupnya bersama dengan orang lain. 

Manusia cenderung untuk memilih cara hidup yang menguntungkan dirinya dan menghindari tantangan serta derita. Manusia lebih berpihak kepada mereka yang berkuasa dan yang status sosialnya tinggi. Manusia tidak cukup kuat untuk menentang mereka yang melakukan kejahatan terhadap sesamanya karena lebih memilih rasa aman dalam hidupnya. Itulah manusia. 

Semoga kita bisa belajar dari Yesus, para rasul, santo-santa sepanjang sejarah Gereja dan mereka yang selalu berjuang untuk menegakkan kebenaran dan keadilan bagi sesamanya.

Penulis: Pastor Leonardus Nodjo OFMCap 

Selengkapnya