Doa Katolik: Doa Sebelum Makan dan Doa Setelah Makan

May 03, 2023
Last Updated


Orang Katolik selalu berdoa sebelum menikmati makanan yang disajikan. Doa itu sebagai bentuk syukur atas anugerah Bapa di Surga.

Doa makan terbagi dua, yaitu doa sebelum makan dan doa setelah makan.

Doa Sebelum Makan

Doa makan dalam agama Katolik disebut Doa Sebelum Makan atau Doa Syukur. 

Berikut ini adalah contoh Doa Sebelum Makan dalam agama Katolik:

"Bapa kita yang baik, kami bersyukur atas hidangan yang telah kami terima dan kami syukuri limpahan kasih-Mu. Berikanlah kami berkat-Mu pada saat kami makan dan berkumpul bersama dengan keluarga dan teman-teman kami. Berikanlah kekuatan bagi kami untuk terus membangun hubungan yang sehat dan harmonis dengan sesama manusia.

Ya Tuhan, berkatilah pemberi makanan ini, para petani dan pekerja yang terlibat dalam menghasilkannya. Semoga kami juga dapat berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Terima kasih Tuhan, kami bersyukur atas segala berkat yang kami terima. Semoga kami selalu ingat untuk bersyukur dan membagikan kasih-Mu kepada sesama manusia.

Dalam nama Yesus Kristus, kami berdoa. Amin."

Doa Setelah Makan 

Doa setelah makan dalam agama Katolik disebut Doa Pasca Makan atau Doa Syukur.

Berikut ini adalah contoh Doa Pasca Makan dalam agama Katolik:

"Ya Tuhan, kami bersyukur atas hidangan yang telah kami nikmati, dan kami mengucapkan terima kasih atas rahmat-Mu yang tak terhingga.

Kami berdoa agar berkat-Mu senantiasa menyertai kami sepanjang hari ini. Berikanlah kami kekuatan dan keberanian untuk menjalani setiap tantangan dan kesulitan yang akan kami hadapi.

Kami juga berdoa untuk mereka yang kurang beruntung dan tidak memiliki akses terhadap makanan yang cukup. Kiranya Engkau memberkati mereka dan memberi mereka kekuatan untuk menghadapi cobaan hidup mereka.

Kami bersyukur atas kasih sayang-Mu yang tak terhingga. Semoga hidup kami selalu dipenuhi dengan kebaikan, damai, dan kasih-Mu.

Dalam nama Yesus Kristus, kami sampaikan doa kami. Amin."

Sangat penting untuk berdoa dengan sikap yang sungguh. Semoga doa kita dikabulkan Allah yang Maha Kuasa. []

Selengkapnya