Doa Katolik: Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur

May 03, 2023
Last Updated


Dalam Gereja Katolik, penganutnya diwajibkan untuk berdoa sebelum tidur maupun bangun tidur.

Doa-doa itu bertujuan untuk mensyukuri anugerah Bapa sekaligus meminta perlindungan atas hari yang telah dan akan dijalani.

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur dalam Agama Katolik disebut Doa Malam atau Doa Sebelum Tidur.

Berikut ini adalah contoh doa Malam atau Doa Sebelum Tidur dalam Agama Katolik:

"Bapa kami yang ada di surga, dikau s'lalu berkuasa dan penuh kasih. Kami bersyukur atas rahmat-Mu dan berkat-Mu yang tak terhingga. Bapa yang kami cintai, s'belum kami berbaring, kami hendak memohon maaf atas dosa-dosa kami. Beri kami damai, kesabaran dan kekuatan untuk mengejar kebaikan dalam hidup kami. Berilah kami tidur yang tenang dan manis, dan bangunkan kami lagi di pagi hari untuk melayani-Mu dengan lebih giat lagi. Semoga s'mua kelemahan kami menjadi kesempatan untuk belajar menjadi lebih baik. Bapa kami yang penuh kasih, kami percayakan hidup dan kehidupan kami kepada-Mu. Amin."

Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur dalam agama Katolik disebut Doa Pagi atau Doa Bangun Tidur.

Berikut ini adalah contoh Doa Pagi atau Doa Bangun Tidur dalam Agama Katolik:

"Terima kasih, Ya Tuhan, atas rahmat-Mu yang tak terhingga. Terima kasih atas keamanan dan perlindungan-Mu selama malam yang telah berlalu. Kami memohon agar Engkau memberikan kekuatan dan keberanian kepada kami untuk menghadapi hari yang baru ini. Berikanlah kami kasih sayang-Mu dan berkat-Mu yang melimpah dalam segala hal yang kami lakukan. Bimbinglah kami dalam keputusan dan tindakan kami, sehingga kami dapat menuruti kehendak-Mu. Kami berdoa untuk kedamaian di dunia ini dan keselamatan semua orang yang kami cintai. Bapa kami yang ada di surga, kami mempercayakan hari ini dan kehidupan kami kepada-Mu. Amin."[]

Selengkapnya