Uskup Agustinus Ajak Frater STT Pastor Bonus Latih Diri Ubah Penderitaan jadi Kebahagiaan Sejati

June 25, 2023
Last Updated

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus bersama civitas STT Pastor Bonus. [Foto: Keuskupan Agung Pontianak]

KOSAKATA - Sekolah Tinggi Teologi  (STT) Pastor Bonus Pontianak membuka sekaligus menutup masa perkuliahan dengan misa khusus yang dipersembahkan Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus dengan delapan imam sebagai pendamping. 

Dalam homili singkat, Uskup Agustinus berbagi pengalaman atas aktivitas satu bulan terakhir yang tanpa henti. 

Meskipun tidur rata-rata pada pukul satu malam, Uskup mengungkapkan bahwa kekuatannya datang dari Tuhan. 

Ia menekankan pentingnya mencari surga terlebih dahulu dan memiliki semangat kasih dalam melayani umat. 

Para frater juga diajak untuk melatih diri agar penderitaan dapat diubah menjadi kebahagiaan yang sejati.

Misa syukur pelepasan mahasiswa angkatan 2021-2022 menjadi momen yang berkesan. Frater tingkat dua menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan dan meminta doa dari semua orang. 

Pada kesempatan tersebut, perwakilan dari Gotaus, Pius menyampaikan, rasa syukur atas pencapaian para frater dalam menyelesaikan program S2. 

Pastor William Chang OFMCap juga mengucapkan terima kasih kepada Uskup Agustinus atas perhatian dan dukungannya terhadap STT Pastor Bonus. 

Para frater dan peserta misa turut berbahagia dan memberikan selamat atas kesuksesan mereka.

Uskup Agustinus dalam sambutannya mengutip kata-kata Santo Agustinus yang menyatakan, bersama umat Katolik, ia adalah seorang Katolik, dan sebagai seorang uskup, ia adalah pemimpin mereka. 

Ia juga mengumumkan bahwa tahbisan diakon akan dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2023, bertepatan dengan hari Santo Yohanes Vianney. 

Rencana tahbisan imamat juga masih dalam pertimbangan, namun Uskup mengajak semua orang untuk berjalan bersama (sinode) dan memberikan yang terbaik dalam pembinaan dan pelayanan.

Misa penutupan tahun ajaran 2021-2022 dihadiri oleh frater tingkat 1 dan frater tingkat 2. Dalam momen ini, 21 frater tingkat 1 dan 10 frater tingkat 2 merayakan perjalanan mereka dengan penuh sukacita dan rasa syukur.

Dengan semangat yang tinggi dan komitmen untuk memberikan yang terbaik, Sekolah Tinggi Teologi (STT Pastor Bonus) Pontianak melanjutkan perjalanan pendidikannya dalam menyiapkan calon imam yang akan melayani Gereja dan umat dengan penuh dedikasi.

Penulis: Samuel, Komsos KAP

Selengkapnya