Doa untuk Istri yang Ulang Tahun dari Seorang Suami dalam Tradisi Gereja Katolik

August 30, 2023
Last Updated


KOSAKATA.ORG - Momen ulang tahun menjadi hari yang membahagiakan bagi seseorang yang merayakan. Apalagi kalau itu ulang tahun pada usia tergolong istimewa, seperti 17 tahun, 25, atau 50 tahun. 

Ada berbagai cara orang merayakan ulang tahun bagi orang yang dicintai atau temannya. Ada yang tiup lilin di atas kue ulang tahun. 

Namun, ada juga yang menyampaikan doa-doa kepada Allah yang Mahakuasa agar diberikan kesehatan dan kebahagiaan, tentu saja usia panjang.

Berikut ini 3 contoh doa untuk istri yang ulang tahun dari seorang suami dalam tradisi Gereja Katolik.

CONTOH PERTAMA 

"Ya Allah Bapa yang Mahakuasa,

Pada hari ini, kami datang di hadapanMu dengan hati yang penuh syukur atas ulang tahun [nama istri]. 

Kami bersyukur atas hidup yang telah Kau anugerahkan kepadanya dan atas keberkatan yang Kau curahkan dalam setiap langkah perjalanannya.

Kami memohon agar Kau terus melimpahkan rahmatMu kepada [nama istri]. Berkati dia dengan kesehatan, kebahagiaan, dan kedamaian. 

Berikanlah kepadanya kebijaksanaan dan kekuatan untuk menjalani panggilan hidupnya dengan penuh sukacita dan kesetiaan.

Ya Allah, dalam kasihMu yang tiada tara, kuatkanlah ikatan cinta antara [nama istri] dan [nama suami]. 

Bimbinglah mereka berdua untuk saling mendukung, mengasihi, dan menghormati satu sama lain, sehingga hubungan mereka senantiasa tercermin dalam cinta kasih Kristus bagi Gereja.

Kami juga berdoa agar [nama istri] tetap dekat dengan-Mu, mengandalkan Roh Kudus untuk memberikan panduan dan kebijaksanaan dalam segala hal. 

Semoga [nama istri] terus bertumbuh dalam iman dan kasih kepadaMu.

Kami mempersembahkan doa ini melalui Kristus, Tuhan kami, yang bersama dengan Roh Kudus hidup dan memerintah, Allah, sepanjang segala masa.

Amin."

CONTOH KEDUA

"Ya Allah yang Mahakuasa dan Maha Penyayang,

Pada hari ini, kami datang di hadapan-Mu dengan hati yang penuh syukur atas anugerah hidup [nama istri] yang telah Engkau berikan. 

Pada ulang tahunnya ini, kami merayakan setiap tahun yang telah dilewatinya dengan penuh sukacita dan rasa syukur.

Kami memohon agar Engkau melimpahkan berkatMu kepada [nama istri]. Berikanlah dia kesehatan yang baik, sukacita yang tak tergoyahkan, dan kebahagiaan dalam setiap langkah hidupnya. 

Bimbinglah dia dengan kebijaksanaan dan berikanlah dia kekuatan untuk menjalani panggilan sebagai istri dengan penuh kasih dan pengabdian.

Ya Tuhan, kuatkanlah hubungan kami dengan cinta dan kesetiaan. Bantulah kami tumbuh dalam pengertian dan saling menghargai, sehingga kami dapat terus mendukung dan menguatkan satu sama lain.

Semoga [nama istri] merasakan hadiratMu dalam hidupnya dan diiringi oleh berkatMu di setiap langkahnya. 

Terimalah doa kami ini melalui Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan memerintah bersama-Mu, dalam persatuan dengan Roh Kudus, Allah yang hidup, sepanjang segala masa.

Amin."

CONTOH KETIGA

"Ya Tuhan yang Maha Penyayang,

Kami bersyukur kepadaMu atas anugerah hidup [nama istri] yang Engkau berikan di dunia ini. Pada hari yang istimewa ini, kami merayakan ulang tahunnya dengan hati yang penuh rasa syukur dan pengabdian kepadaMu.

Kami memohon, ya Tuhan, agar Engkau terus melimpahkan rahmatMu atas [nama istri]. Berilah dia kesehatan yang baik, kebahagiaan yang sejati, dan sukacita yang tak tergoyahkan dalam iman. 

Lindungilah dia dari segala malapetaka dan berilah perlindunganMu dalam setiap langkah hidupnya.

Ya Tuhan, kami juga memohon agar cinta kami terhadap [nama istri] terus diperkuat oleh hadiratMu. 

Jadikanlah kami pasangan yang saling mendukung dalam iman, dan berpegang teguh pada ajaran Gereja. 

Bantulah kami untuk senantiasa menjalani hidup dalam kasih, pengertian, dan kerendahan hati.

Kami menyerahkan [nama istri] kepadaMu, memohon agar Engkau membimbing langkahnya dalam iman dan membawa dia lebih dekat kepadaMu setiap harinya. 

Semoga dia selalu merasa diberkati oleh hadiratMu dan menjadi saksi bagi kebaikanMu di dunia ini.

Terimalah doa kami ini melalui perantaraan Yesus Kristus, PutraMu, yang bersama dengan Roh Kudus hidup dan memerintah, Allah, sepanjang segala masa.

Amin."

Itulah tiga contoh doa untuk istri yang ulang tahun dari seorang suami dalam tradisi Gereja Katolik.[*]

Selengkapnya