Pesan Paus Fransiskus untuk Peringatan 180 Tahun Berdiri Serikat Kepausan Kanak-kanak Suci

October 02, 2023
Last Updated

Paus Fransiskus [Foto: Int]

KOSAKATA.ORG
- Paus Fransiskus memberikan pesan untuk memperingati 180 tahun berdirinya Serikat Kepausan Kanak-kanak Suci pada Minggu, 1 Oktober 2023. 

Berikut pesan resmi Paus Fransiskus yang dikutip dari Agenzia Fides yang diterbitkan pada Minggu, 1 Oktober 2023. 

"Kami mempublikasikan pesan Paus Fransiskus kepada anak-anak dan remaja, orang tua, formator dan teman-teman dari Lembaga Kepausan Anak Kudus, yang merayakan ulang tahun ke-180 berdirinya pada tanggal 19 Mei." 

Demikian pesan tersebut disampaikan pada Minggu, 1 Oktober 2023, peringatan liturgi Santo Theresia dari Lisieux, Pelindung misi, dirayakan Yang Mulia,

Anak-anak dan remaja misionaris yang terkasih, orang tua, formator dan teman-teman!

Tanggal 19 Mei lalu menandai 180 tahun berdirinya Serikat Kepausan Kanak-Kanak Kudus, dan banyak di antara Anda yang masih merayakan ulang tahun bahagia ini hingga saat ini.

Uskup Charles de Frobin Janson dari Nancy, seorang pendeta yang dikaruniai hati kerasulan yang besar, mendirikannya pada tahun 1843, setelah mengetahui, melalui surat-surat misionaris Perancis, bahwa banyak anak laki-laki dan perempuan di Tiongkok sekarat karena kelaparan dan penelantaran. 

Hal ini menimbulkan kepedulian yang kuat dalam dirinya terhadap keselamatan mereka, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani, karena Yesus, Anak Allah, mati dan bangkit kembali demi keselamatan semua orang.

Maka, tentu saja dari semangat misionernya, pada kesempatan ulang tahun ini, kita dapat menarik pelajaran penting pertama: yaitu kepedulian terhadap keselamatan orang lain. 

Sebagai murid Yesus yang sejati, dengan memupuk dalam diri kita hati yang serupa dengan hati Yesus, mau tidak mau kita sangat ingin agar semua orang diselamatkan. 

Dari sinilah pergaulan indah Anda dimulai, yang hingga saat ini, aktif dan bersemangat setelah 180 tahun, mengajarkan begitu banyak anak dan remaja di seluruh dunia untuk menjadi murid misionaris.

Tahun ini juga menandai peringatan 150 tahun kelahiran seorang anggota Serikat yang sangat istimewa: Santo Thérèse dari Kanak-kanak Yesus, pelindung misi, yang menjadi anggota sejak usia tujuh tahun. 

Hari ini, 1 Oktober, kita merayakan peringatan liturginya, dan darinya kita dapat menerima pesan berharga kedua: dengan doa kita, meskipun kita kecil, kita dapat berkontribusi untuk membuat Yesus dikenal dan dicintai, secara diam-diam, membantu orang lain untuk membuat Yesus dikenal dan dicintai. 

Doa – yang diajarkan Santo Teresina kepada kita – adalah tindakan misionaris yang pertama, dan dapat menjangkau setiap tempat di dunia, setiap anak dan remaja, setiap misionaris. 

Itulah sebabnya saya mengundang Anda untuk bertumbuh, melaluinya, dalam persahabatan dengan Juruselamat kita, dan dalam persahabatan di antara Anda sendiri dan dengan semua anak-anak dan remaja di dunia, sehingga menjadi pembawa damai.

Anak-anak dan remaja misionaris yang terkasih, saya ingin mengucapkan terima kasih, karena dengan upaya Anda, Anda membantu kami semua menjadi saksi Injil yang berani dan berbagi dengan orang lain, tidak hanya bantuan materi, namun apa yang paling berharga bagi kami: iman. 

Dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua Anda dan para animator yang mendampingi Anda, mempromosikan karisma dan spiritualitas Serikat Kepausan Kanak-kanak Suci.

Ini adalah “Masyarakat Kepausan”, dan karenanya bersifat universal, milik Gereja Katolik, milik Paus, dan karena itu saya menganggap Anda sebagai kolaborator khusus saya. 

Namun saya ingatkan Anda bahwa kualifikasi ini juga menyiratkan komitmen penting lainnya: yaitu membangun jembatan dan hubungan, mengikuti teladan Kristus sendiri, dan saya mendorong Anda untuk melakukan hal ini juga.

Teruslah bekerja sesuai dengan karisma yang ditinggalkan Uskup Charles de Forbin Janson kepada Anda, mengikuti “jalan kecil” Santo Thérèsse dari Kanak-kanak Yesus, setia pada moto Anda: “Anak-anak berdoa untuk anak-anak, anak-anak menginjili anak-anak, anak-anak membantu anak-anak di seluruh dunia ”.

Semoga Tuhan memberkati Anda dan menemani Anda selalu, dan tolong jangan lupa mendoakan saya.

Roma, Santo Yohanes Lateran, 1 Oktober 2023

Sumber: Agenzia Fides

Selengkapnya