Vatikan Bakal Mereplikasi Kandang Natal yang Pertama di Lapangan Santo Petrus, Karya Santo Fransiskus dari Asisi

October 30, 2023
Last Updated

Replika Kandang Natal Vatikan. [Foto: Antoine Mekari/Aleteia]

KOSAKATA.ORG - Natal tahun 2023, Kandang Natal Vatikan di Lapangan Santo Petrus akan membawa pengunjung kembali ke “Natal hidup” pertama, yang diciptakan oleh Santo Fransiskus dari Assisi pada tahun 1223.

Pada Desember 2023, Lapangan Santo Petrus akan dihiasi dengan adegan kelahiran Yesus dari lembah Rieti di Italia tengah untuk memperingati 800 tahun Santo Fransiskus dari Assisi menciptakan adegan kelahiran Yesus secara langsung di kota Greccio pada tahun 1223.

Artikel Lain: Gereja Katolik Beatifikasi Keluarga Polandia Karena Melindungi Orang Yahudi dari Nazi

Pohon Natal Vatikan akan berupa pohon cemara perak dari Pegunungan Alpen, karena berasal dari kotamadya Macra di Keuskupan Saluzzo di Piedmont di Italia utara. Dekorasi Natal ini akan diresmikan pada 9 Desember dan akan tetap dipajang hingga 7 Januari 2024.

Pada tahun 1223, St. Fransiskus Assisi menciptakan Kandang Natal pertama. Pada tahun yang sama, Paus Honorius III menyetujui Peraturan Fransiskan, yang mengatur komunitas Saudara Dina yang baru lahir. Untuk merayakan ulang tahun ganda ini, Kandang Natal Vatikan akan dihiasi dengan gaya Fransiskan.

Mengingat Adegan Kelahiran Santo Fransiskus di Greccio

Tempat tidur bayi di Lapangan Santo Petrus akan membawa pengunjung kembali ke Natal tahun 1223 dan akan terinspirasi oleh kisah penulis Fransiskan Tommaso da Celano. 

Setelah Santo Fransiskus kembali dari perjalanan ke Tanah Suci, ia ingin memperingati kelahiran Kristus di sebuah desa yang mengingatkannya pada Betlehem. 

Ini adalah Greccio, sebuah kota kecil di lembah Rieti di Italia tengah, yang terletak di bebatuan dan terletak 700 meter di atas permukaan laut. 

Kandang Natal di Vatikan dan patung terakota seukuran aslinya akan mewakili gua Greccio, yang dikunjungi Paus Fransiskus pada tahun 2019. 

Tempat tidur bayi tersebut akan menampilkan patung Fransiskan yang merayakan misa di hadapan Santo Fransiskus yang menggendong Bayi Yesus dan Perawan Maria. 

Di sebelahnya akan ada St Yosef yang sedang memujanya, serta seekor keledai dan seekor lembu.

Struktur Kandang Natal ini, yang akan berbentuk segi delapan yang melambangkan peringatan 800 tahun peristiwa ini, dimaksudkan untuk mengingatkan pada batu cagar alam Greccio. 

Artikel Lain: 10 Angka Unik dalam Gereja Mongolia

Di sekelilingnya terdapat cekungan yang melambangkan sungai Velino yang mengalir melalui lembah Rieti. 

Karya tersebut, yang dirancang oleh seniman Francesco Artese, juga akan menampilkan hubungan ke empat tempat suci Fransiskan dan kota Rieti.

Ruang Audiensi Paulus VI di Vatikan, tempat Paus memimpin audiensi umum di musim dingin, juga akan memiliki tempat tidur bayinya sendiri dari Rieti, yang akan dibuat dari ribuan tesserae kaca Venesia. 

Selain Keluarga Kudus, Santo Fransiskus, dan Santo Clare akan menjadi bagian dari adegan yang diciptakan oleh ahli mosaik Alessandro Serena di Spilimbergo.

Sebuah Pohon yang Dihiasi Bunga Edelweis

Pohon Natal Santo Petrus akan diangkut ke Roma dari provinsi Cuneo, sekitar 700 kilometer dari ibu kota. Berdiri di ketinggian 82 kaki (25 meter), tempat ini dipilih dari bagian atas Lembah Maira, dinamai berdasarkan nama sungai yang mengalir melalui kawasan hutan Alpen ini.

Pohon tersebut berasal dari kotamadya Macra, terdiri dari desa-desa yang terletak sekitar 900 meter di atas permukaan laut. 

Komunitas kecil umat paroki pegunungan yang tinggal di daerah tersebut, yang sangat berkomitmen untuk melestarikan tradisi mereka, jelas dalam siaran persnya, memiliki ide untuk menyumbangkan salah satu pohon mereka ke Vatikan.

Secara ekologis, pohon tersebut akan dihiasi ribuan bunga edelweis, bunga khas lembah yang tumbuh liar di ketinggian 1.800 meter. 

Artikel Lain: Leo Geers, Bruder MTB yang Menguasai 10 Bahasa

Tanaman yang akan digunakan untuk menghias pohon akan ditanam di dataran rendah oleh perusahaan Piumatto of the Edelweiss di Villar San Costanzo. 

Peresmian pada 9 Desember

Peresmian Kandang Natal dan penyalaan pohon Natal akan berlangsung pada pukul 17.00 pada hari Sabtu, 9 Desember. 

Kardinal Fernando Vérgez Alzaga, Presiden Kegubernuran Negara Kota Vatikan, dan Suster Raffaella Petrini, Sekretaris Jenderal Kegubernuran, akan menghadiri upacara tersebut. 

Delegasi dari Rieti dan Macra akan bertemu Paus Fransiskus dalam audiensi pada hari yang sama.

Peziarah dan wisatawan yang datang ke Roma untuk perayaan akhir tahun akan dapat mengagumi dekorasi Vatikan hingga 7 Januari 2024, hari raya baptisan Kristus, yang menandai berakhirnya musim liturgi Natal. Tempat tidur bayi tersebut kemudian akan dipajang secara permanen di kota Rieti.

Paus biasanya datang sendiri untuk berkumpul di kaki Kandang Natal di Lapangan Santo Petrus pada tanggal 31 Desember, setelah kebaktian malam terakhir tahun ini.

Sumber: Aleteia

Selengkapnya