14 Kata-kata dari Tradisi Katolik Sekarang Digunakan dalam Percakapan Sehari-hari

November 05, 2023
Last Updated


KOSAKATA.ORG - Kata-kata ini sangat familiar di kalangan umat Katolik, dan Anda juga akan menemukannya dalam percakapan kita sehari-hari.

Salah satu keindahan bahasa adalah betapa kaya dan mudah beradaptasinya bahasa, berkembang dari peristiwa dan budaya dalam kehidupan secara umum. 

Meskipun banyak istilah Katolik dan Yahudi-Kristen dikhususkan untuk konteks agama, beberapa di antaranya telah digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Berikut ini beberapa kata atau frasa yang bermakna bagi umat Katolik yang juga biasa digunakan dalam percakapan umum. 

Mereka mencerminkan pengaruh Katolik dan tradisi Yahudi-Kristen terhadap budaya dan masyarakat:

1. Amin

Istilah keagamaan yang sangat Anda kenal ini berasal dari bahasa Ibrani yang berarti “jadilah” atau “sebenarnya”. Biasanya digunakan untuk menegaskan atau mengakhiri doa, dan dalam percakapan sehari-hari, dapat digunakan untuk menyatakan persetujuan atau persetujuan di luar konteks agama.

2. Berkah

Dalam agama Katolik, rahmat mengacu pada kemurahan Tuhan yang cuma-cuma dan tidak pantas diterima. Bila kita menggunakan istilah ini secara lebih umum, istilah ini dapat merujuk pada keanggunan atau kesopanan, seperti dalam “dia bergerak dengan anggun.”

3. Anugerah

Dalam konteks agama, berkah adalah doa memohon kemurahan dan perlindungan Tuhan. Bisa juga berarti tindakan memuji, seperti dalam Mazmur. 

Sebagaimana dijelaskan dalam Katekismus, “Setiap berkat memuji Allah dan berdoa untuk karunia-karunia-Nya. Di dalam Kristus, umat Kristiani diberkati oleh Allah Bapa 'dengan segala berkat rohani'. 

Inilah sebabnya mengapa Gereja memberikan berkat dengan menyebut nama Yesus, biasanya ketika membuat tanda suci salib Kristus.”

Dalam percakapan sehari-hari, berkah bisa merujuk pada harapan atau doa untuk kesejahteraan seseorang, seperti ucapan “berkah” setelah bersin.

4. Amal 

Dalam iman Katolik, amal adalah keutamaan teologis dari cinta kepada Tuhan dan sesama. Namun, dalam percakapan sehari-hari, kata ini mengacu pada tindakan kebaikan, kemurahan hati, dan membantu mereka yang membutuhkan.

5. Pengorbanan

Dalam teologi Katolik, pengorbanan adalah persembahan yang dipersembahkan kepada Tuhan, dan tentunya pengorbanan Yesus di kayu salib menghasilkan keselamatan bagi kita. 

Namun, dalam percakapan sehari-hari, kata ini bisa merujuk pada menyerahkan sesuatu demi tujuan yang lebih besar atau demi kepentingan orang lain. Seringkali orang berkata bahwa mereka mengorbankan waktu mereka demi anak-anak mereka.

6. Pengakuan

Dalam Sakramen Rekonsiliasi Katolik, pengakuan dosa adalah tindakan menceritakan dosa-dosa seseorang kepada seorang imam. Dalam percakapan sehari-hari, ini bisa merujuk pada mengakui kesalahan atau perbuatan salah. 

Dan nyatanya kita sering kali membuat pengakuan dosa yang jauh dari pengakuan dosa. Anda mungkin mengakui sesuatu dengan suara pelan yang tidak terlalu Anda banggakan kepada seorang teman — misalnya, memakan permen Halloween milik anak Anda.

7. Keajaiban

Tradisi Katolik mendefinisikan mukjizat sebagai peristiwa luar biasa yang disebabkan oleh campur tangan ilahi. Dalam pidato biasa, ini bisa merujuk pada peristiwa yang sangat mustahil atau luar biasa. Bayangkan berapa kali Anda merasakan suatu keajaiban ketika anak-anak Anda merapikan kamar mereka!

8. Puasa

Dalam praktik Katolik, puasa berarti tidak mengonsumsi makanan atau makanan tertentu sebagai tindakan penebusan dosa atau disiplin spiritual. 

Namun, jika kita menggunakan istilah tersebut dalam kehidupan sehari-hari, ini bisa merujuk pada tidak melakukan sesuatu untuk jangka waktu tertentu. 

Seperti yang telah Anda lihat, beberapa ahli gizi menganjurkan puasa sebagai cara untuk tetap bugar.

9. Keyakinan

Dalam agama Katolik, iman adalah kebajikan teologis yang melibatkan kepercayaan kepada Tuhan dan penerimaan kebenaran-kebenaran yang diwahyukan-Nya. 

Itu adalah landasan agama kita. Namun dalam percakapan biasa, iman bisa merujuk pada keyakinan atau kepercayaan terhadap sesuatu tanpa harus memerlukan konotasi agama.

10. Inspirasi

Menariknya, dalam teologi Katolik, inspirasi mengacu pada bimbingan Roh Kudus dalam penulisan Kitab Suci dan bimbingan-Nya bagi kita. 

Ini adalah istilah yang sangat kita kenal dalam percakapan sehari-hari, yang merujuk pada motivasi atau pengaruh untuk melakukan sesuatu yang kreatif atau bermakna.

11. Suaka

Dalam gereja Katolik, tempat kudus adalah area di sekitar altar tempat berlangsungnya liturgi Ekaristi. Oleh karena itu, untuk sesuatu yang begitu sakral, tepat jika kata tersebut juga merujuk pada tempat perlindungan atau keamanan dalam kehidupan sehari-hari — sesuatu yang dirasakan oleh banyak umat Katolik sebagai hal yang mereka terima dalam iman mereka kepada Tuhan.

12. Belas kasihan

Dalam agama Katolik, belas kasihan adalah perlakuan penuh kasih terhadap mereka yang berada dalam kesusahan, dan ini adalah sesuatu yang kita semua harus praktikkan, bahkan terhadap mereka yang telah menyakiti kita. Dalam percakapan sehari-hari, ini bisa merujuk pada menunjukkan kasih sayang, pengampunan, atau keringanan hukuman.

13. Orang Samaria yang Baik Hati

Istilah ini berasal dari perumpamaan umum dalam Alkitab dimana orang Samaria membantu orang asing yang terluka. Jika Anda mendengar seseorang disebut sebagai Orang Samaria yang Baik Hati di luar konteks agama, maka mereka adalah orang yang tanpa pamrih membantu orang lain yang membutuhkan.

14. Ziarah

Dalam agama Katolik, ziarah adalah perjalanan ke tempat suci untuk tujuan spiritual. Dalam percakapan sehari-hari, kata ini dapat merujuk pada perjalanan atau ekspedisi apa pun, sering kali memiliki arti penting atau tujuan.

Sumber: Aleteia

Selengkapnya