Gambar Karakter Yoda dalam Star Wars Ditemukan dalam Surat Paus Gregorius IX, Ini Penjelasan Kurator Manuskrip

November 03, 2023
Last Updated

Karakter Yoda dalam Star Wars ditemukan dalam manuskrip kepausan abad ke-14. [Foto: Looper]

KOSAKATA.ORG - Sama seperti Taylor Swift yang dituduh melakukan perjalanan waktu setelah iklan mencurigakan tahun 1981 muncul, ikon budaya pop lainnya secara kebetulan muncul di periode waktu lain. 

Meskipun karakter legendaris "Star Wars" Yoda secara teknis muncul pada tahun 1980 melalui  "The Empire Strikes Back",  makhluk yang terlihat sangat mirip dengan makhluk hijau kecil itu telah ditemukan dalam sebuah manuskrip dari arsip kepausan.

Namun, ini bukanlah surat dari Paus Fransiskus, atau bahkan pendahulunya Paus Benediktus XVI atau Paus Yohanes Paulus II. 

Artikel Lain: Lukisan Plautilla Nelli Tentang Perjamuan Terakhir Terungkap

“Sebaliknya, itu berasal dari berabad-abad yang lalu sekitar masa Paus Gregorius IX,” kata Julian Harrison, kurator blog Manuskrip Abad Pertengahan di Perpustakaan Inggris.

"Gambar Yoda berasal dari manuskrip abad ke-14 yang dikenal sebagai Smithfield Decretals," kata Harrison seperti dikutip dari NPR. 

"Saya ingin mengatakan bahwa itu benar-benar Yoda atau digambar oleh seorang penjelajah waktu abad pertengahan. Ini sebenarnya adalah ilustrasi kisah alkitabiah tentang Samson - sang seniman jelas memiliki imajinasi yang jelas!"

Menurut NPR, sejarawan Damien Kempf dan Maria L. Gilbert menyoroti kemiripan Yoda di blog Medieval Manuscripts, yang menampilkannya di antara yang lain, yang mereka anggap, "monster Abad Pertengahan".

Tentu saja, ada beberapa perbedaan antara Yoda dari pengetahuan "Star Wars" dan Dekrit Smithfield. Makhluk hijau dalam naskah itu jauh lebih tinggi daripada yang diketahui dan disukai penggemar Yoda "Star Wars". 

Ditambah lagi, meskipun makhluk hijau itu mengenakan gaun mengalir mirip dengan Yoda di film "Star Wars", warnanya lebih oranye dibandingkan jubah cokelat Yoda.

Artikel Lain: Ruang Rahasia di Kapel Italia pada Abad ke-16

Namun, makhluk dalam manuskrip tersebut pasti memiliki telinga mirip Yoda dan rambut di bagian atas kepalanya, meskipun lebih banyak daripada helai rambut tipis yang ditampilkan Yoda di film "Star Wars". Makhluk dalam manuskrip itu juga memiliki selaput tangan, bukan jari tangan dan ibu jari.

Berdasarkan keyakinan bahwa Yoda ada di zaman kita, NPR menyajikan skenario yang valid bahwa itu bisa saja adalah master Jedi dalam manuskrip tersebut sejak dia hidup hingga dia berusia 900 tahun. 

Namun skenario tersebut memiliki kekurangan karena makhluk tersebut harus berusia sangat muda pada saat dikeluarkannya keputusan tersebut. Artinya mungkin lebih mirip Grogu — alias Baby Yoda — daripada Yoda versi dewasa.[*]

Sumber: Looper

Selengkapnya