Ini Alasan Santa Perawan Bunda Maria Disebut Lili Tritunggal

November 16, 2023
Last Updated


KOSAKATA.ORG - Di antara banyak gelar Perawan Maria yang Terberkati, salah satu yang dilihat St. Gertrude dalam penglihatannya adalah "Lili Tritunggal".

Perawan Maria yang Terberkati dipanggil dengan banyak nama berbeda di Gereja Katolik, banyak di antaranya ditampilkan dalam Litani Loreto.

Satu gelar secara khusus dijelaskan kepada St. Gertrude Agung, yang melihatnya diwahyukan kepadanya dalam sebuah penglihatan.

Menurut buku abad ke-19 The Spirit of St. Gertrude, Bunda Maria menampakkan diri kepada Gertrude dalam bentuk bunga bakung.

Keesokan harinya ketika Gertrude berdoa, Bunda Allah menampakkan diri kepadanya di hadapan Trinitas yang selalu menawan dalam bentuk bunga bakung putih dengan tiga daun, satu berdiri tegak dan dua lainnya membungkuk.

Dia kemudian memahami gelar ini lebih lengkap dan mengetahui simbolismenya.

Simbolisme Bunga Lily Tritunggal

Dengan ini dia mengerti bahwa bukan tanpa alasan Bunda Allah yang Terberkati disebut bunga bakung putih Trinitas, karena dia mengandung dalam dirinya dengan lebih banyak kelimpahan dan kesempurnaan daripada makhluk lainnya, kebajikan dari Tritunggal Mahakudus, yang dia tidak pernah ternoda oleh noda dosa sedikit pun.

Daun bunga bakung yang tegak melambangkan kemahakuasaan Allah Bapa dan dua daun yang membungkuk, kebijaksanaan dan kasih Putra dan Roh Kudus, yang sangat dekat dengan Perawan Suci.

St Gertrude sering memanggil Perawan Maria dengan gelar ini dengan doa berikut.

Salam, Bunga Lily Putih dari Tritunggal yang selalu damai dan mulia! Salam, mawar yang cemerlang, kegembiraan surga, yang darinya Raja surga dilahirkan, dan yang dari susunya Ia dipelihara! Apakah engkau memberi makan jiwa kami dengan pancaran pengaruh Ilahimu.

Perawan Maria berkata kepada St. Gertrude, “Aku akan menampakkan diri pada saat kematian kepada mereka yang memberi hormat kepadaku dalam kemuliaan sedemikian rupa sehingga mereka dapat menantikan kegembiraan surga.”[*]

Sumber: Aleteia

Selengkapnya