Merayakan 63 Tahun Berkarya, Orkestra Fravino Konser di Bruderan Huijbergen

Oktober 09, 2022
Last Updated


Sejarah Orkestra Fravino dimulai pada 63 tahun yang silam. Pada tahun 1959, Bruder Acharius MTB menjadi pemimpin Fravino yang baru didirikan. Saat itu, para Bruder MTB masih mengelola sekolah berasrama yang besar. Supaya anak-anak ini juga dapat menggunakan waktu dengan bijak, mereka ditawari untuk bermain musik di Fravino. Siswa dari luar asrama juga mendapat kesempatan untuk bergabung dengan orkestra ini.

Pada tahun 1968, kepemimpinan orkestra diserahkan kepada Bruder Matthias MTB. Orkestra akordeon ini ditambahkan bagian trompet atau horn, sebuah pengayaan musik yang sangat besar. Pada tahun 1970-an, perkembangan sosial menyebabkan perubahan peran asrama sekolah. Asrama sekolah ditutup, tetapi orkestra lokal ini tetap ada.

Orkestra Fravino menjadi anggota NOVAM (Asosiasi Musik Arkodeon dan Harmonika Belanda) sejak 1 Desember 1976. Fravino mengikuti beberapa kompetisi nasional dan meraih kelas tertinggi. Mereka mengadakan konser di Belanda dan di luar negeri. Pada 1970-an dan 1980-an, beberapa mereka tampil di siaran radio dan TV Belanda. Rekor lama bermain juga dibukukan pada waktu itu.

Pada tahun 1987 tongkat dirigen diteruskan ke Peter Meijers. Meskipun sejak kecil dia adalah musisi alat tiup, dia berspesialisasi dalam akordeon ketika menjadi konduktor Fravino. Pada tahun 2001, tongkat estafet diambil alih oleh Marieke de Vries. Marieke harus meninggalkan Fravino tahun 2020 ketika menerima tawaran membuat proyek musik besar.

Mulai tahun 2020 tongkat estafet diserahkan ke tangan Youri Kemp.

Di orkestra Fravino, ada musisi yang sedang naik daun dan veteran berpengalaman. Mereka memberikan yang terbaik bagi para penikmat musik. Dengan demikian mereka yang berpengalaman dalam dinamika bermusik pada orkestra Fravino menyatukan dengan mereka yang masih memiliki prospek berkembang untuk di masa yang akan datang.

Penulis: Br. Thomas, MTB

Artikel Lain: Silenzio di Asisi; Pengalaman Ziarah dan Mimpi untuk Kembali

Selengkapnya